Cara Membuat Page Number Ala Skripsi Otomatis

Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang membuat page number yang berbeda setiap BAB dan sub BAB itu sendiri.  Jadi dalam membuat ini biasanya mahasiswa dan pelajar kesulitan karena jarang juga menggunakan function yang lebih lanjut dari Ms Word ini, maka dari itu tulisan ini akan sedikit bermanfaat untuk kalian-kalian yang sedang mengerjakan laporan ilmiah atau skripsi. 
Pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara yang mudah untuk membuat page number setiap halaman yang berbeda misal Sebelum BAB I adalah angka romawi, dan setelah mulai BAB I menggunakan angka biasa di bawah bagian tengah, tetapi jika halaman itu bukan awal dari BAB manapun maka posisinya berda dikanan bawah. 

Langsung saja kita belajar bersama tutorialnya : 

1.      Langkah pertama kita harus membagi section-section dokumen. Caranya letakkan kursor di depan BAB I, klik layout, pilih Breaks, lalu pilih next page. Ulangi langkah ini untuk BAB II, BAB III, dst.


2.      Saatnya membuat nomor halamannya. Pertama kita buat nomor halaman untuk yang sebelum BAB I dulu alias yang berformat romawi, disini saya memberi contoh dari kata pengantar.
Pindahkan kursor ke depan tulisan “KATA PENGANTAR”, klik Insert pilih page number, pilih Format Page Numbers, dan pada kotak number format pilih yang format romawi.




3.      Karena untuk nomor halaman romawi letaknya di bawah. Klik page number lagi, pilih Bottom of Page, dan pilih yang tengah.


4.      Sekarang kita menuju ke BAB I. klik di depan BAB I, klik Insert pilih page number, pilih Format Page Numbers, dan pada kotak number format pilih yang format nomor biasa (1,2,3) dan jangan lupa klik start at: 1, klik OK.



5.      Jika sudah, dobel klik nomor halaman satu, centang different first page, pilih page number, pilih bottom of page.


6.      Sekarang kita lihat halaman 2, halamannya masih di bawah kan, untuk mengubah posisinya ke kanan atas dobel klik nomor halaman 2, pilih page number pilih top of page.
7.      Sekarang nomor halaman di halaman 2 kalian akan ada dua; diatas dan bawah. Dobel klik nomor yang bawah tinggal delete dah beres :D
8.      Gan Awal BAB II kok ikutan di kanan atas, harusnya kan di bawah tengah? Gampang,, tinggal klik nomor halamannya, terus centang different first page, otomatis halamannya akan pindah ke bawah.


Demikian tutorial kali ini semoga membantu kalian semua yang sedang kesulitan dalam membuat page number ala skripsi ini.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Page Number Ala Skripsi Otomatis "

Post a Comment